Ikutan Rapat Dewan ..

Standard

Ternyata dari DPRD pengen buruan bikin Perda Inisiatif yaitu bentuknya keinginan mengajukan peraturan daerah asalnya dari DPRD. Bukan dari eksekutif (Pemda). Jadi tahu-tahu dibahas pasal demi pasal. Puskesmas mendapat kesempatan ke-2. Rumah sakit yang duluan.

Wah ribet .. pake meributkan pemulasaraan jenazah, pengantaran ke rumah sakit rujukan dengan uang tunggu kalo hanya digunakan untuk rujukan diagnosis dll. Belum lagi mempersoalkan harga minyak yang nda stabil sedangkan perda rujukan ambulan harus terus disesuaikan.

Nah giliran untuk puskesmas ini mau di bentuk pkm itu digratiskan saja baik yang miskin quota yang telah dilakukan pendaftaran oleh BPS dan non quota (yang bener-bener miskin tetapi nda sengaja lepas dari pendaftaran karena pamong desanya mengutamakan keluarganya sendiri) dengan juga yang mampu, tentu saja ini merupakan kabar yang menarik. Apalagi Pak Musayyid (maaf kalo keliru namanya pak) juga menanggapi dengan simpatik usulan (berapi2) dari kepala puskesmas yang masih pengen ini dan pengen itu .. hehehe ..

BENTUK yang DIINGINKAN

Kapitasi seluruh penduduk di Kabupaten Probolinggo untuk mendapatkan pelayanan gratis di Puskesmas. Hal ini seiring dengan UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2004 TENTANG SISTEM JAMINAN SOSIAL NASIONAL. Memang kalo dari materi perundangan ini diharapkan masa ke depan semua masyarakat Indonesia ini akan menggunakan semacam social security sehingga akan terlindungi secara seutuhnya. dalam undang-undang tersebut penduduk indonesia diliputi bukan hanya oleh jaminan kesehatan, namun juga oleh jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan pada kematiannya. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan UU tersebut Kab. Probolinggo akan menggratiskan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas dan jaringannya seperti Puskesmas Pembantu, Bidan di Desa dan Puskesmas Keliling.

Kapitasi itu bisa dicapai dengan penganggaran Pemerintah Daerah untuk penduduk miskinnya yang masih belum terlindung tadi dan penduduk dengan kategori mampu dengan membuat mekanisme pembayaran premi melalui suatu sektor pelayanan publik lainnya seperti pembayaran bulanan Listrik di PLN, PDAM, PBB dan lainnya. Besaran dari Kapitasi ini sesuai dengan besaran kapitasi Pemerintah Pusat (Depkes) kepada keluarga miskin melalui (Jamkesnas) = Rp. 1.000,-/bulan/org.

Jumlah Penduduk Kab. Probolinggo

1.080.000

Perkiraan yg sudah terlindungi

100.000

Askes PNS, Jamsostek dll
Penduduk Miskin Quota yang dijamin Pusat (APBN)

420.000

Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin (dulunya JPS)
Perkiraan Sasaran k.l 500rb-600rb penduduk Akan didanai dari APBD oleh Kabupaten Probolinggo

Perkiraan dana ternyata melampaui yang diestimasikan bapak Bupati (10M), setelah melalui perhitungan sederhana diperkirakan untuk kapitasi ke Puskesmas sekitar Rp. 600.000.000 per bulan sekitar 7,2M setahun, diluar belanja obat (yg diperkirakan sekitar 3M) dan biaya operasional Puskesmas k.l 5M sehingga estimasi membengkak sampai dengan 15M.

Dengan demikian kebijakan hendak mewujudkan pelayanan bermutu yang gratis untuk setiap penduduknya masih menyisakan pertanyaan apakah ada kekuatan anggaran yang bisa digunakan pada tahun 2008 ini atau harus ditunda ke tahun 2009.

Hari ini bersama-sama dengan temen-temen kepala puskesmas lainnya akan mencoba melihat materi perundangan SJSN, SJSD dan lainnya untuk mewujudkan Peraturan daerah yang mendukung untuk terlaksananya Pelayanan Kesehatan Gratis tersebut.

ASI, air susu ibu, keuntungan, kelebihan

post ini dibuat dengan windows live writer ® sebagaimana dapat anda temukan di blog puskesmas | opm | bljrblog | balita

Advertisements

3 thoughts on “Ikutan Rapat Dewan ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s