Menggagas Blogging Contest antar Puskesmas

Standard

05:57 saya: Saya punya ide, yang saya mau konsultasikan. Boleh?


06:03 Anis: gimana? ide pak Agus mesti luar biasa nih..


06:08 saya: hehehe bisa aja.. gini mas anis .. biasanya disini tiap oktober selalu dokter puskesmas yang jadi ketua panitia perayaan HKN, kbetulan tahun ini saya. Tahun ini juga puskesmas-2 dilkenalkan dengan internet [meskipun sebenernya ini karena telkom yang gratiskan pelatihan internet]

Anis: wah selamat pak Ketua..

06:09 

saya: Tadi malam jadi punya ide kayak SEO contestnya para blogger terkenal itu .. tapi saya sih nda muluk-muluk cuma pengen supaya mereka mulai tertarik mewartakan puskesmas masing-masing di dunia maya

Idenya LOMBA BLOGGING antar PKM

Anis: wah bagus…

06:10 

saya: tapi saya minim pengetahuan tentang teknis pelaksnaannya dan bagaimana supaya ini bener2 manfaat

Anis: mereka dikenalkan dulu..trus dilatih terus beri waktu untuk update

saya: Ya .. sampe oktober nopember gitu kan ada waktu skitar 4-5 bulan lagi

06:11 

Anis: nanti tinggal minta mas Dani atau yg deket utk jadi pengajar…trus ada juga yg diminta untuk jadi juri

saya: barusan mau ditulis .. ya penjuriannya misalnya gimana nentuin pemenang, apa yang paling banyak traffic?

06:12 

Anis: juri komposisinya ada yg ahli, ada yg awam nilai tidak hanya traffic tapi juga isinya, jangan copy paste…

saya: awam dalam hal?

06:13 

Anis: misalnya mereka yg bukan blogger tetapi dari kalangan kesehatan….

saya: ya .. mestinya sih ngga kopipast ya .. soalnya kalo bikin blog puskesmas sendiri kan bahan tersedia, laporan tahunan ditambah foto kegiatan mestinya udah bisa jadi 1 blog sendiri.

Anis: kan tidak harus cerita tentang puskesmas sendiri

06:15 

saya: Idenya justru menampilkan puskesmas.

Anis: maksud saya, jangan hanya dibatasi menampilkan puskesmas, artinya boleh juga menuliskan yg lain, misalnya ide mengomentari kebijakan depkes..

06:16 

saya: yaa .. mungkin isinya bisa diatur ada seperti itu ..

maksud saya sih sekarang ini biar puskesmas jadi nongol di internet sebanyak mungkin, berani bikin inovasi yang bisa disumbangsarani orang sedunia setelah itu mereka bisa jadi komunitas kesehatan yang lebih adopt terhdp teknologi. Pendapat saya itu akan membuka banyak kemungkinan, sesedikitnya ide.  

—- end of chat

SEO contest Itu bincang-bincang saya dengan mas anis, saya perlu tahu apakah kegiatan seperti ini tidak salah secara teknis perbloggingan. jangan sungkan-sungkan ngajari saya yaa, anggap aja anak umur 5 tahun yang dikasih tahu .. 🙂

Trims sebelumnya

[logonya garing banget ..] 😦

ASI, air susu ibu, keuntungan, kelebihan

post ini dibuat dengan windows live writer ® sebagaimana dapat anda temukan di blog puskesmas | opm | bljrblog | balita

11 thoughts on “Menggagas Blogging Contest antar Puskesmas

  1. idenya menarik, dok..

    • kl lomba blog dg kriteria ini itu sptnya memang agak ribet..

    • kl lomba seo, mungkin lbh gampang
    tp yg terlibat krg banyak sptnya..

    saya jawab di blog saya ya dok..
    komentar lainnya agak panjang..

    trackback-nya jg blm nyampe sini.. 🙂

    salam

  2. dear dok,
    memang tdk usah terlalu ideal 🙂
    disesuaikan dgn kemampuan peserta aja
    sebagian daftar itu pernah saya bandingkan dgn lomba2 blog yg ada..

    o i a, saya memperbaharui daftar sewaktu-waktu,
    yg penting malah kelupaan, ini salah satunya dok

    Penyedia blog gratis (utamanya WordPress.com), tidak mengijinkan penggunaan WordPress.com sebagai ajang lomba SEO.

    🙂

  3. Okta Sihotang

    ide bagus tuh dokter..
    jadi nya para dokter yang ada dipuskesmapun bisa ngeblog..ck..ck..ck.. 😉

  4. Pak Agus,

    Saya kira ini sebuah program yang bagus sekali. Salut buat anda dan rekan-rekan di Puskesmas Krejengan.

    Tentang teknis, Dani Iswara sudah bicara panjang lebar di blognya. Hanya saja, untuk tahap awal seperti ini (ini yang pertama kan di kalangan puskesmas?), mungkin tidak perlu seteknis yang Dani paparkan.

    Mari kita kembali saja ke etos dasar bloging: content is the king. Dengan demikian, fokuskan penilaian kontes ini pada konten. Soal desain itu jadikan nomor yang kesekian.

    Saya sarankan untuk mengambil contoh dari British Council Blogging Competition sebagai referensi ataupun acuan kontes bloging Pak Agus.

    Oya, sebelum kontes, mungkin perlu diadakan rangkaian pelatihan untuk pembekalan kemampuan teknis, sekaligus sosialisasi ide yang melatarbelakangi kontes brilian ini.

    😉

  5. draguscn

    @dani
    makasih banyak saran, juknis 🙂 dan dukungannya. saya masih terkendala banget sama jaringan speedy. ternyata nda merata sekabupaten. saya pikir tempat saya yang agak masuk ini aja udah, mestinya yang rada dipinggir2 jalur pantura pada bisa langganan. ternyata belum.
    selain jaringan klasik SDM, sasaran tembak saya sih nda kepala pkm saja, tapi petugas komputernya dan itu ternyata agak susah, pada ngga punya greget. hehehe

    @Okta Sihotang
    Wah iya .. masa’ kalah sama mhsw. hehehe bukan itu sih alasannya. saya pengen banget ada komunitas yang selain offline ngurusi masyarakat, online bisa saling berbagi. Soale yang namanya masyarakat itu keberagamannya kadang-kadang memerlukan kita untuk berbagi teknik pemberdayaan, berbagi bahan, berbagi cerita.

    @STR
    Terimakasih. Penyederhanaannya memudahkan. Ya mungkin kembali ke ide semula aja tampilkan puskesmas masing-masing. Nanti pelan-pelan kalo udah mulai biasa baru bicarain teknis lainnya.

  6. Wah..nice ide..

    Sebelumnya salam kenal pak, saya shetiawan dari desa sebelah BAGO..enggak sengaja saya nyasar kesini, waktu googling nyari nama temen saya Yuniar Dwijayanti, enggak taunya nongol paling atas di Google dan ternyata nama Muji Yuniar Dwijayanti termasuk jajaran staff bapak..he..he.. hebat..pak..

    Ya saya dukung tuh.. cuma untuk tahap awal jangan terlalu ribet syarat dan aturan mainnya.. maklumlah pak penggalakan tehnology internet terutama di instansi-instansi yang ada didaerah kan masih baru, jadi masih banyak newbienya, yang penting tahap awal adalah pengenalan membuat blog dulu dan budayakan ngeblog juga harus mulai dibangun dan jadikan sebagai kebiasaan baru selain suntik menyuntik pasien..he..he.. just kidding..!!

    Yup..semoga ide briliant ini segera teralisasi.

  7. draguscn

    Terima kasih ya ..
    Saya juga udah komentar di blog anda.

    Sepertinya emang mesti agak simple dulu ya tahap awal ini .. karena sekarang nyari orang buat ikutan aja di tiap puskesmas susah lho ..

    Kalo ada ide tentang blogging contest-nya kasih tahu ya .. paling nda nanti puskesmas bago sudah ada yang bisa diajak ngegarap segi teknisnya.

    Kalo ada temen-temen lain di kabupaten probolinggo tercinta ini yang doyan blogging ajak-ajak kesini ya .. biar
    kita bisa segera masuk tahap I. pelatihan .. hhhhh ….

  8. Puskesmas Mojoagung

    Boleh tuh…ikutan dong 🙂

    Kalo sudah banyak puskesmas yang punya blog kan tambah rame.

  9. Iyaa .. mungkin bisa bikin komunitas .. kalo komunitas medis udah telalu banyak ..
    Tp yg bicarain ttg kegiatan PKM masih dikit .. yuk jadi pioneers

Leave a Reply

