Pelayanan Klinik Tumbuh Kembang Balita

Standard

Yang sudah sering nengokin kesini pasti pada hapal gambar ibu dan anak yang disebelah ini adalah image yang saya gunakan untuk pelayanan tambahan Klinik Tumbuh Kembang dengan alamat :

 

http://balitakami.wordpress.com

Sedikit cerita

Pada saat IDI, IBI dan Persagi cabang Kabupaten Probolinggo mengadakan acara seminar dengan tajuk tumbuh kembang balita, kita sepakat untuk menjadikan momen seminar ini gebyar dari organisasi profesi, terutama IDI pada waktu itu. Karena dari sini mungkin bisa diretas jalan untuk menggebrak pelayanan baik yang secara spektakuler ingin dibumbui pemecahan rekor MURI atau yang memang sangat diperlukan untuk dilakukan di tingkat pelayanan dasar dengan kata lain Puskesmas dan jajaran.

Seiring cerita kami mengemas ini dengan bentuk Seminar, dan terus melakukan kegiatan mempromosikan acara ini plus mengadvokasi kegiatan ini kepada lintas sektor. Meski dalam pelaksanaannya bertemu juga hambatan, mendekati acara pelaksanaan gairah sponsor dan panitia makin menyala sehingga acara ini displit murni untuk kepentingan profesi yang kelak akan mengawal proses di masyarakat dan kepentingan syiar kepada masyarakat, dengan langsung mengundang orangtua balita (meskipun terbatas 100 tempat).

Nah setelah bubar acara ini kami masih punya kewajiban untuk advokasi kepada pemangku kepentingan. Mulai dari Dinas Kesehatan Kabupaten, PKK, Bappeda dan DPR ada dalam catatan kami.

Di tingkat Puskesmas ini tentu saja jadi catatan tersendiri bagaimana akan dilaksanakannya skrining tumbuh kembang di masing-masing wilayah kerja.

Karena itulah puskesmasdotinfo merelakan traffic (asli kenceng banget) yang tadinya mo disedot sendiri ke blog sebelah dengan harapan lebih konsen dan konsisten menggarap bahan-bahan tumbuh kembang saja. Titik berat : tetap di usia balita dan prasekolah. Karena usia ini lah otak manusia berkembang sampai dengan 95 % kapasitas dewasa. Jadi permasalahan remaja mungkin tetap merupakan bahan dari program di puskesmas dot info.

Di blog Tumbuh Kembang dan Nutrisi Balita tersebut kita bisa menemui bagian-bagian besar pembahasan tentang hal berikut

Tentang Tumbuh Kembang Balita dan Apras.

Tentang bagaimana seharusnya orangtua melaksanakan suatu stimulasi kepada anak. Bab ini disebut sebagai alat bagan stimulasi. Di dalamnya sudah ada beberapa postingan tentang bagaimana melakukan stimulasi pada bayi (yaitu pada usia 0-3, 3-6, 6-9 dan 9-12 bulan). Seharusnya sampai dengan usia 72 bulan.

Demikian penting arti suatu stimulasi sehingga letaknya pada program adalah pertama. Jadi bukan dideteksi dulu baru distimulasi. Namun selalu distimulasi baru tiap waktu tertentu dideteksi. Begitu cara pandang baru program tumbuh kembang anak ini .

Jadi bila orangtua yang care dengan perkembangan anaknya, seharusnya dia selalu melakukan stimulasi pada anaknya sejak 0 – 72 bulan.

Pada waktu tertentu, dilaksanakanlah yang disebut sebagai deteksi dini. yaitu pada bulan-bulan ke 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66 dan 72 bulan. Cara yang dilakukan dengan menggunakan KPSP, Kuesioner Pra Skrining Perkembangan, yang merupakan daftar 9-10 pertanyaan untuk ditanyakan kepada orangtua atau pengasuh balita tentang kemampuan yang sudah didapatkan oleh balita tersebut. Kuesioner tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan orangtua dan pengasuh

Tentang Nutrisi Balita

Nutrisi balita disini sebenarnya merupakan bagian yang penting tapi belum mendapatkan perencanaan dalam aplikasi bentuk materi apa saja yang akan dituangkan. Namun sebagai gambaran awal, kami bermaksud menampilkan bentuk-bentuk diet normal pada usia tertentu, misalnya 1 tahun, kemudian diet pada masa sakit, dan nutrien yang dibutuhkan balita serta didapatkan dari mana saja nutrien tersebut.

Forum Tanya Jawab

Demi menjaga niat untuk memberikan pelayanan kepada yang membutuhkan sekarang blog ini sudah membuka forum tanya-jawab. Masalah anak yang diusung secara global diringkas menjadi 3 topik (sementara) :

Kehadiran blog ini tentu saja adalah junior di kelasnya dan sangat mengharap senior-seniornya mau berbaikhati memberikan input dan kritikan membangun bagi terlaksananya globalisasi informasi dan makin semaraknya dunia kesehatan online. (cn)

Related Articles :

Advertisements

5 thoughts on “Pelayanan Klinik Tumbuh Kembang Balita

  1. Mau saya juga gitu .. rumusnya di file dalam bentuk excell udah ada. kalo nanti ngga nemu caranya saya attach jadi download aja. .. thx masukannya ..
    Mestinya kemaren saya bikinnya di blogspot barangkali yaa .. kalo di wordpress kan terlarang banget .. kalo iya bisa saya dibantu po’o ..
    Oke saya mampir nih sekarang .. *breemm breemm ngeeeeeeeeng nggennng chiiiiit*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s