Mengajak pada pengentasan kemiskinan

Standard

MARI  memerangi kemiskinan dengan menjadi viral marketing ide-ide diri sendiri tentang mengentaskan kemiskinan, atau paling sedikit kita bisa mengambil ide-ide dari blogactionday.org.

Aksi yang sesungguhnya ..

(terjemahan bebas dari sini)

Kita tahu bahwa sebenarnya kemiskinan bisa dilawan, tapi setiap kali kita dipertanyakan apa yang mau dilakukan seringkali kita tidak tahu harus menjawab dan bertindak apa. Secara dasar ada beberapa hal yang selalu terjadi pada saat kita punya ide tentang melawan kemiskinan. 

d_advocacy Apa itu advokasi ?

Aktif mendukung suatu gerakan dengan menyuarakan isi gerakan tersebut. Demikian salah satu kamus berkata. Mbah Wiki bilang aksi argumentasi terhadap satu isu. Advokasi berarti bicara. Sebelum perubahan terjadi, pengampu kebijakan seharusnya mengerti bahwa mayarakat dengan segala unsurnya menginginkan perubahan. Advokasi bisa diartikan sebagai agar mereka mengetahui keadaan ini. Advokasi sebaiknya dilakukan terhadap kalangan pebisnis, para pemangku kebijakan politik dan masyarakat.

 

d_work

Banyak cara bisa dilakukan untuk memanfaatkan keahlian yang kita miliki untuk memerangi kemiskinan, yang diperlukan hanya berpikir tidak seperti biasanya. Misalnya mengikuti organisasi-organisasi sosial dan menyumbangkan kemampuan profesional kita disana; melakukan riset dan program yang memerangi kemiskinan dengan menggunakan organisasi atau institusi yang dipimpin. Kesehatan dan pertanian mungkin bisa bergerak disini. Tidak menutup pula kemungkinan industri pabrikan dan sektor keuangan ikut serta misalnya dengan mengadakan kredit usaha kecil, sumbangan komputer kepada sekolah dan organisasi kepemudaan dll. Juga dengan mengembangkan semacam dana pengembangan masyarakat. Sebenarnya yang demikian justru akan menjadi profit jangka panjang untuk perusahaan. Contoh saja Microsoft yang sekarang di Indonesia ini gencar membuat gerakan pemberdayaan di bidang Kesehatan Lingkungan. Microsoft bijak menyadari bahwa pemerintah dan masyarakat berkutat dengan urusan kesehatan yang sebagian besar disebabkan lingkungan. Dengan mendorong sektor ini maka pemerintah akan bisa lebih berkonsentrasi dengan aspek legacy misalnya, yang kemudian akan dengan sendirinya mendorong peningkatan konsumsi produk mereka. Ini yang disebut Bill Gates sebagai Creative Capitalism.

 

d_give

Giving (memberi) adalah cara paling sederhana dari mengentaskan kemiskinan dan banyak jalan dan cara sudah tersedia saat ini.

 

d_learn

Informasi adalah wadah untuk menelorkan kebijakan yang mendukung. Namun kebanyakan kita tidak menyadari bahwa dengan memberikan informasi kepada orang lain akan membentuk jejaring perubahan. Nah mari kita mulai dengan memberikan informasi,

  • buat sedikitnya 1 posting di blog anda tentang kemiskinan,
  • beritahukan tentang kontribusi anda atau orang disekitar anda yang bisa dicontoh oleh orang lain.
  • Komentari “posting kemiskinan” teman anda sebanyak-banyaknya.
  • Jadikan upaya perubahan ke arah positif dan bukan hanya mencaci keadaan (meskipun memang sudah sepantasnya beberapa keadaan mendapatkan itu).

Semoga post ini bisa memulai jaring perubahan dari sisi ini.

Salam.

signature

Related Posts :

Advertisements

2 thoughts on “Mengajak pada pengentasan kemiskinan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s