Jawa Timur Mendidih

Standard

ndorokakung pinjem pic-nya Panas di Jawa Timur dan sekitarnya sekarang mendidih .. berjalan-jalan di udara terbuka Surabaya bikin kepala serasa pecas ndahe. Di Surabaya suhu bisa berkisar 33-35 °C Bahkan di beberapa titik seperti di kawasan Tanjung Perak Surabaya, serta di beberapa kawasan perairan suhu bisa mencapai 37 °C. Meningkatnya suhu di kawasan laut ini lebih disebabkan terjadinya pantulan sinar matahari yang mengakibatkan cuaca semakin panas.

Suhu panas ini bukan saja terjadi siang hari tapi juga malam hari. Tingginya suhu di malam hari disebabkan karena energi panas matahari yang terserap bumi baru keluar dimalam hari. Padahal jika malam banyak ditemui awan yang mengakibatkan panas yang keluar dari bumi terpantul kembali ke bumi. Atau yang sering kita sebut efek rumah kaca. Surabaya katanya saat ini sampai dengan tanggal 24 Oktober, matahari akan berada persis di atasnya. Matahari di atas kepala, kayak judul film aja .. tapi emang rasanya gitu .. Rapat IDI wilayah kemaren sia-sia banget macak pake jas IDI, pasalnya sampe di dalam ruangan yang “ber-AC” itu saja rasanya masih panas ..

rumahkaca1Jangankan di Surabaya, di Probolinggo aja yang ngga persis titik kulminasi aja rasanya udah panas banget .. Konon sekarang adalah jarak terdekat antara bumi dan matahari sedang sebagai titik terdekatnya, jawa timur khususnya Surabaya. Mungkin itu sebabnya sekarang celana makin pendek aja .. hehehe

celadam dam dubidubidam

Kemaren seorang pejabat menelepon kabid yankes pada waktu kami sedang diskusi tentang HKN44 di kantor beliau. Pak Pejabat rupanya sedang ditanya oleh wartawan tentang bagaimana cara mengatasi panasnya suhu udara  bagi kesehatan perorangan. Pak Pejabat memberikan waktu 5 menit untuk cari jawaban. Sontak pembicaraan berubah untuk mencarikan solusi. Sedikitnya ada beberapa hal yang diusulkan :

  • Keluar rumah dengan payung, bagi petani di sawah pake baju dan tudung.
  • Hindari terkena sinar matahari bila memang bisa dihindari
  • Jangan lupa bila harus terpapar lama sinar matahari, gunakan sun block
  • Malam hari gunakan cream pelembab
  • Matikan AC bila ruangan sedang kosong.

Ada lagi yang bisa disarankan ?

 

ASI, air susu ibu, keuntungan, kelebihan

post ini dibuat dengan windows live writer ® sebagaimana dapat anda temukan di blog puskesmas | opm | bljrblog | balita

Advertisements

10 thoughts on “Jawa Timur Mendidih

  1. ceritasimpus

    hahaha …
    top…analisa bumi yang makin panas dengan efek celana yang bikin bumi makin panas… :)) saya gak berani membayangkan lanjutannya… masih lugu…

  2. hehehe .. nyari bahan bacaan ketemu yang kayak gitu yaudah langsung ditempel ..
    Usul. Profilenya dibenahi ..dibagian website diisikan nama blog cerita simpus. jadi dari link namanya mas jojok orang yang liat bisa langsung klik. untuk nambah-nambah traffic.

  3. Lah bahayanya panas matahari apa pak memangnya? Kalo cuma item atau keringetan ya wajar kan? Dehidrasi juga masih bisa diajak minum ASI kan? Mohon penjelasan yang muantab seperti biasanya.. 😛

  4. Apa mungkin kurangi gerak badan yang ala olahragawan… tapi pakelah Songkok…. dan yang pake Jilbab…. teuteuuuup.
    Yang itu paling mustajab.
    heheee saya keringatan dari ujung… ke ujung Pak. Jadi jangan lupa pake teori MENANG-MULAI. ….yen.. Sabar !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s