Ayo Berantas Tuberkulosis Paru !

Standard

Saya baru ingat kalo tanggal 24 Maret itu adalah harinya TBC .. ingetnya malah hari yang lain-lain .. Tapi slogan brantas tuntas TB ini harus tetap jadi pedoman apalagi kami yang ada di kecamatan-kecamatan kantong TB seperti ini .. gairah ini harus tetap dijaga.

Siapakah Saya?

Saya adalah bagian dari pemerintah, saya adalah pasien, saya adalah petugas kesehatan, saya adalah ilmuwan dari perguruan tinggi, saya adalah guru, saya adalah bagian dari masyarakat.

Apa yang bisa saya lakukan dalam penanggulangan TB ?

Pemerintah menjadi penanggung jawab utama (leading sector) dalam penanggulangan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat ini. Pemerintah bertanggung jawab agar setiap penyelanggaraan pengobatan TB di Indonesia sesuai dengan Pedoman Penanggulangan TB yang telah ditetapkan, sehingga setiap pasien TB mendapatkan akses terhadap pelayanan TB yang berkualitas sesuai dengan standard yang berlaku saat ini.
Pasien dapat berperan dengan berpartisipasi secara aktif untuk kesembuhan dirinya sendiri dan menjalankan pengobatan sesuai dengan petunjuk petugas kesehatan. Pasien juga dapat membantu menemukan pasien lainnya dengan memperhatikan orang-orang di sekitarnya yang mempunyai gejala TB dan mengajak mereka memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat. Setelah sembuh pasien dapat berperan menjadi kader di lingkungannya.
Petugas Kesehatan dapat berperan dengan tetap waspada dengan gejala-gejala TB dan membantu menyediakan diagnosa tepat pada waktunya dan pengobatan yang dibutuhkan sesuai dengan standard dan pedoman yang berlaku.
Ilmuwan dapat berperan dengan melakukan penelitian yang dibutuhkan untuk mengembangkan diagnosa, obat TB dan vaksin TB yang baru.
Guru dapat berperan dengan memberikan pengetahuan kepada para siswanya tentang penyakit TB ini.
Masyarakat dapat berperan dengan cara berbagi informasi untuk membantu pencegahan penyakit ini dan membantu pencarian pengobatan bagi orang di sekitarnya yang membutuhkan.

diambil dari pesan yang disampaikan tbcindonesia.or.id

Semoga tahun ini semakin banyak penderita TB yang bersedia memeriksakan diri dan mengobati penyakitnya sampai tuntas.

post ini dibuat dengan windows live writer ® yg dapat anda temukan di blog pom | opm | pkm

Advertisements

7 thoughts on “Ayo Berantas Tuberkulosis Paru !

  1. wahh… selamat saya baru tahu dah pindah di sini …hehe, maklum lagi keasikkan nyari temen2 lama di fesbuk bbrp minggu ini.

    omong2 tentang peranan kita.. kalau saya programmer, harus gimana ya ?? mrogram database TB gitu 😀

  2. Lynda

    Yg sering gw ketemu nih…banyak pasien kita nggak tau kalo dia kena TB. Masih banyak dokter yang “nggak enakan” sehingga dibilangnya “Flek Paru”.
    Padahal kenapa nggak jujur aja sih. Kalo pasien nggak tau kalo dia kena TB (karena dibilang cuma “Flek”), akhirnya banyak juga yang berhenti pengobatan, atau ya akhirnya pengetahuan TB atau edukasi tentang TB sendiri berjalan lambat di masyarakat.

    • kalo disini .. udah tereak-tereak sampe serak .. TOA-nya aja ampe sember gitu bunyinya .. tapi tetap aja berobat nunggu parah dulu .. 🙂

  3. yohanesip

    Kita hanya bisa berusaha Tuhan yang menuntukan ” seng penting niate BRANTAS TUNTAS TB Sampai 2050 ” tekan tuekkk.

    • draguscn

      Ya Allah, masih hidup ngga itu yaa .. wekekeke … Ini mungkin gara-gara namanya sekarang diganti menjadi pengendalian penyakit bukan lagi pemberantasan penyakit .. kalo pengendalian penyakit bisa pas lagi ada bantuan agak sedikit dikurangi .. begitu ngga ada bantuan dibiarkan lagi hehehehe … hayo siapa yg ahli bahasa bener ngga gitu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s