Manajemen Ketenagaan, diskusi kasus ..

Standard

Saya akan menempatkan anda di suatu instansi pemerintahan sebagai seorang Manajer. Tugas anda adalah menjamin terlaksananya 2 jenis manajemen yang paling umum : MANAJEMEN SUMBERDAYA dan MANAJEMEN OPERASIONAL.

Dalam mengelola manajemen sumberdaya anda akan berhadapan dengan sub-manajemen : Sumber Daya Manusia (Manajemen Personalia); Manajemen Sarana Prasarana dan Manajemen Keuangan dan Manajemen Perbaikan Pelayanan. Sedangkan di Manajemen Operasional anda akan berhadapan dengan Perencanaan, Penggerakan dan Pengawasan.

Satu-satu dulu yach ..

Manajemen Personalia. Disini anda akan berhadapan dengan menilai kebutuhan pegawai, pengusulan kebutuhan pegawai, penilaian kinerja pegawai, pembinaan, sanksi dan pemberian reward sebagai hasil dari pekerjaan dan kedisiplinan pegawai anda. Anda punya banyak petugas, katakanlah 50 orang untuk sebuah kantor yang bisa disebut kecil. Anda juga punya berbagai kompetensi dari pegawai anda tersebut. Cukup pendahuluan, sekarang masalah.

Andi adalah seorang pegawai yang handal untuk kompetensinya katakanlah dia operator yang cukup baik. Istrinya, Budiani adalah seorang kepala bagian di kantor itu juga. Masalah Andi adalah : ia dan Budiani baru memulai kehidupan berumah tangga, sebagaimana layaknya pasangan baru, merekapun mulai berhadapan dengan masalah-masalah. Gaji mereka tidak pernah mencukupi untuk gaya hidup mereka, meskipun mereka berupaya untuk sederhana toh mereka tetap bermasalah dengan finansial rumah tangganya. Lambat laun ini mulai mempengaruhi kinerja keduanya. Budiani yg masih disokong orang tua bila pulang ke orangtuanya untuk mengambil “ransum” harus diantar oleh Andi dan itu berarti ada 2 orang pegawai yang tidak hadir di kantor anda. Andi juga terlibat hutang yang tidak sedikit, tapi dengan gajinya 1-2 tahun ke depan tampaknya mereka akan terbebas dari himpitan hutang. Pekerjaan Andi stressfull, dan celakanya kadang-kadang dia tidak bisa mengendalikan dirinya sehingga terjadi kekerasan dalam rumah tangga. Pekerjaan Budiani sederhana, tapi sangat penting dan dia melakukannya dengan baik.

Citra adalah pegawai pindahan dari kantor cabang. Di kantor cabang sebelumnya dia dimutasi karena mengadukan kepalanya yang senang minum-minum. Citra adalah seorang yang rajin beribadah, sayangnya malas dalam bekerja. Citra jarang mau melayani konsumen dengan baik, harus dipanggil dulu baru melayani,  sehingga order yang dia dapatkanpun kecil. Akhir-akhir ini tampaknya mulai banyak keperluan – entah rumah tangga, entah bisnis apa yang dijalaninya diluar jam kantor. Datangnya 1 jam telat, pulangnya 1 jam lebih awal dan beberapa order ada yang “tidak tercatat”. Citra bagaimanapun adalah orang yang sopan dan tidak pernah membangkang tugas pimpinan.

Doni adalah  seorang yang sudah cukup lama dibidang yang digelutinya, dan dia sudah mendapatkan pelatihan dan pendidikan untuk pekerjaannya tersebut. Masalah Doni adalah ia diberikan tugas oleh manager sebelumnya sebagai seorang bendaharawan di organisasi tersebut. Doni sanggup melaksanakannya hanya saja menjadi bendahara ternyata sangat menyita perhatiannya. Sedangkan mengganti bendahara harus persetujuan dari Pusat dulu dan pasti akan waktu lama. Sehingga sempat pekerjaan utamanya terbengkalai beberapa waktu. Sekarang meskipun ia kelihatan bisa mengerjakan keduanya dengan baik namun selalu mengeluh bahwa ia tidak mendapatkan kompensasi semestinya, dan dia merasa yang paling sibuk sendiri.

Well, Tuan dan Nyonya Manager .. apapun yang akan anda selesaikan mohon selesaikan 1 kasus untuk satu komen dan anda boleh komen berkali-kali kok. 🙂

Mana yang akan anda selesaikan ? Andi dan Budiani ? Citra ? Atau Doni?

post ini dibuat dengan windows live writer ® yg dapat anda temukan di blog pom | pom2 | pkm

Advertisements

5 thoughts on “Manajemen Ketenagaan, diskusi kasus ..

  1. Taufik Fatahilah

    Saya coba bereskan yang Andi dan Budiani dulu dok. Soalnya, ini menyangkut 2 bidang pekerjaan, yang kalau dibiarkan berkelanjutan bisa berabe dong buat perusahaan.
    Kalo perusahaan yang superketat, tentunya punya klausul dlm Perat.Perus. dimana salah satu dari mereka hrs resign. Tapi disini saya bicara soal perikemanusiaan (bukan perikehewanan).
    1. Pembinaan buat Andi & Kel.
    logikanya, berarti ada 2 gaji yang digabung jadi 1 dlm 1 kel. Kalo tdk cukup, boros banget tuh orang! Kecuali, kalo emang gaji mereka kecil/minim. Nah, kalo itu kewajiban perus. dong, karena biasanya gaji bagi lajang dgn yang menikah kan beda.
    So, kalo saya lihat, ini masalah finansial dok, initinya harus diperhatikan nih antara bobot pekerjaan mereka, lamanya mereka bekerja, status baru mereka, apakah itu semua sudah pas dgn succes fee yang mereka terima? Masalah kedua buat Budiani, kiranya perlu pengarahan tuh soal kebiasaannya, skr kan dah married, masa masih saja ngambil ransum ke ORTUnya? ga lucu ah..kayak anak TK aja…hahaha100x
    Mohon maaf dok, saya bukan manager, saya mah cuman belajar doang koq! Kali aja suatu saat punya PT sendiri…hehehe

    • Whew .. pilihan yang anda lakukan adalah prioritas yang saya juga pilih mas Taufik. Hanya no urut di 2 dan 3 terbalik karena saya menganggap posisi bendahara bukan hanya strategis tapi juga rawan dari permasalahan .. biasa UUD.

  2. Taufik Fatahilah

    2. Pembinaan & Sanksi Buat Citra
    Kalo soal Kepala yg dulu suka minum2, itu hak privasi dia, kecuali kalo minum2nya di dlm kantor, itu layak mendptkan punishment.
    Sopan & tdk pernah membangkan tugas pimpinan, itu nilai tambah baginya, apalagi kalo Citra itu pintar misalnya. Tapi, saya tdk perlu org spt itu. Saya hanya perlu org yg rajin, ulet dan dedikasi tinggi kpd perush. So. akan saya beri SP-1 buat Citra agar mau merubah kebiasaan buruknya & akan saya lihat perkembangannya.

    3. Buat Doni, saya tidak tahu tuh apa kerjaan utamanya? Kemungkinan, perlu ditelaah lagi soal Jobdeskcription-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s