Memindah Ruang Tunggu ..

Standard

Catatan hari ini berisikan kegiatan pindah-pindah yang sudah dimulai pagi hari ..

Sedikit Sejarah

Dulu pada saat kami akan mendapatkan pembangunan ruang rawat inap, pernah dijanjikan akses ke belakang bangunan puskesmas akan diberikan durlup (itu lafalnya, tulisannya ngga ngerti kayak apa), itu adalah semacam koridor tapi lebih tinggi untuk menaungi jalan ke unit perawatan sekarang. Karena ada naungan, maka bagian luar bisa dimanfaatkan untuk tempat duduk pasien, sehingga akses pengunjung rawat jalan dari luar puskesmas sedangkan akses petugas dari pintu sebelah dalam. Apa daya, untuk mengadakan koridor tersebut perlu 30 juta ekstra, sedangkan uang pembangunan waktu itu sudah tidak mencukupi.

Pindah-pindah..

Karena melihat pasien makin lama makin banyak. Ini karena makin mudahnya akses dan makin cepatnya pelayanan loket, maka tumpukan pasien justru ada di sebelah luar puskesmas. Yang berarti pasien kepanasan dan kehujanan. ๐Ÿ™‚ .. ngga sejahat itu sih .. tapi begitulah keadaannya kurang dan lebih.

Akhirnya setelah pertemuan bulanan terakhir seminggu lalu, kami putuskan untuk mengembalikan pasien ke ruang tengah, tempat yang selama ini kami gunakan sebagai ruang pertemuan.

Untuk mengatasi pertemuan yang ngga bisa di ruangan itu lagi, ruang kepala puskesmas dan musholla akhirnya disatukan kembali. Hal ini karena ternyata petugas juga tidak terlalu menggunakan untuk shalat, sebagai gantinya pengaturan di ruang perawat UGD bisa dipercantik dengan hambal yang bisa digunakan untuk shalat petugas. Hasil penggabungan tersebut kemudian makin memperluas dominasi saya sebagai kepala puskesmas digunakan untuk ruang saya sekaligus ruang pertemuan. Karena tidak mampu menampung 50 orang โ€“ jumlah petugas puskesmas keseluruhan. Untuk beberapa bulan ke depan selama masih akan dibangunkan ruangan-ruangan baru, terpaksa acara Miniloka dibagi menjadi 2 bagian sesuai dengan peserta rapat (k.l 20 orang)

  1. Umpan balik dari laporan yang diberikan desa ke puskesmas
  2. Rapat Program (ini hanya petugas-petugas di puskesmas saja)

Ruangan tengah sudah kami sulap untuk menyamankan pengunjung, ada TV, juga akan ada etalase, tempat makanan-makanan kecil dijual dan kami dapat untung tambahan untuk dibagi-bagi lebaran ๐Ÿ˜€

Semoga dengan begini semuanya jadi berjalan dengan baik.

Advertisements

One thought on “Memindah Ruang Tunggu ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s