Menegur Pengelola Dana Jamkesmas

Standard

Meski sebenarnya teguran seharus tidak diperlukan tapi untuk menjaga keamanan dalam bekerja yang terlindungi terus oleh hukum, perlu diberikan beberapa catatan bagaimana pengelolaan uang yang seharusnya tidak diteruskan.

Beberapa hal tersebut antara lain adalah :

  • Terjadi selisih di SIMPUS Ranap dengan catatan dari pemberian makan oleh dapur. Padahal didalamnya terkait pendanaan oleh Jamkesmas ataupun yang didapatkan dari pasien umum. Ternyata setelah disample beberapa, hanyalah kesalahan entry dari petugas, sedangkan catatan manual tetap benar.
  • Inefektifitas pengelolaan uang makan. Ini harus dioper betul-betul ke dapur. Agar memudahkan pelaksanaan harian. Selama ini uang makan tetap dikelola oleh petugas di ranap. Sudah ditekankan.
  • Beberapa pertanggungjawaban rujukan, tidak disertai dengan bon bensin. Ternyata memang untuk rujukan dekat ada yang tidak dipertanggungjawabkan.
  • Beberapa pertanggungjawaban pasien rawat inap yg pulang belum jelas, ternyata karena petugas jaga yang memulangkan akan menyerahkan kepada penanggungjawab rawat inap, padahal pj rawat inap selama ini masih ikut putaran jaga. Mulai 1 Juni, masalah ini selesai karena pj masuk pagi terus.
  • Kas kecil siap digunakan untuk pelaksanaan kegiatan UKM.

Demikian catatan hari ini.

draguscn

Advertisements

4 thoughts on “Menegur Pengelola Dana Jamkesmas

  1. mrmazter

    Puskms mana ni boz¿¿
    Mgkn krn si petugas yg blm trbiasa dgn model pelaporan dgn IT alias pake komputer,,,

    • Puskesmas tempat saya bekerja ..
      Iya beberapa petugas saya memang ada yang masih bebal IT. Tapi yang lebih menakutkan lagi sebenarnya ngerti tapi males ..

  2. SuperPusKesMas

    Kebetulan ada Puskesmas deket aku yang lg dapet bantuan USA (ratusan jt). Setelah evaluasi berkali2, kita sepakat untuk data entry bukan menggunakan orang medis yang tau yankesmas tapi bebal IT, tapi orang IT (dapetnya anak2 mahasiswa perbankan lagi, hehehe) yang ruajin buanget data entry diorientasikan dengan layanan Puskesmas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s