Didemo Kader .. :-P

Standard


Saking asyik dengan acara carnaval pembangunan 2009 .. sampe lupa paginya ada demo kader ke kantor saya .. wekekeke … 9 orang kader datang ke Puskesmas karena mereka ngga mau Bidan Di Desa yang sekarang dipindahkan …
Wah namanya ibu-ibu, ada yang bawa anak juga .. rame pas mulai ngomong ..
Tapi saya layani dengan memberikan pertanyaan disana dan disini dulu untuk memperjelas dari mana mereka tahu berita, kemudian kenapa ada penolakan dll ..
Intinya ada 3 hal yang mereka keluhkan :

  1. Mereka masih sayang dengan bidan yang lama dan belum yakin apa bidan yang baru akan sama baiknya dengan yang lama
  2. Mereka merasa ngga diikutsertakan dalam memindahkan bidan yang lama
  3. Mereka merasa Dinas Kesehatan atau Puskesmas ngga memperhatikan keluhan dari BDD tersebut

Masalah pertama sukses saya tangkis dengan bilang belum tahu rasanya kecap kok udah bilang pasti sepedes sambel .. lagipula bidan yang saya pindahkan adalah bidan dengan kinerja baik dan saya mengusulkan kepindahannya ke Puskesmas sebagai bidan koordinator.

Untuk masalah kedua saya harus menjelaskan hak dan kewajiban PNS .. apalagi yang berkaitan dengan sumpah .. bahwa rela ditempatkan dimana saja .. dan itu ngga ada kaitannya dengan menanyakan apakah kader harus diberitahu dulu atau ngga, namun demikian saya menceritakan rapat yang kami lakukan sebelum bidan tersebut diputuskan untuk ditarik ke induk. Dengan demikian justru ini adalah “kenaikan pangkat” yang harusnya disyukuri oleh semua .. termasuk bidan yang bersangkutan ..

dari masalah terakhir saya jadi tahu bahwa sedikit banyak meskipun mereka bilang ngga diminta oleh BDD yang bersangkutan namun BDD tsb pasti rasan-rasan ke kader2 tersebut .. Saya bilang bahwa kenyataannya saya sudah meminta BDD ybs untuk menghadap ke dinas dan menawar sebelum menjadi SK .. dari yang saya ketahui karena setelah ybs menghadap saya juga dipanggil kadinkes, BDD saya ini mau dipindahkan tapi menunggu Bulan September .. dengan demikian masalah klir .. SP tetap dibuat namun pemindahan ke Puskesmas ditangguhkan sampai dengan September.
Saya teringat saya sudah 2 kali mau dipindahkan dari Puskesmas ini .. tapi saya selalu melalui tawar menawar yang memang diberikan ke saya : dan dalam pikiran saya kalau memang saya masih diperkenankan menawar saya memang masih punya ilmu yang belum tuntas saya berikan untuk puskesmas .. namun demikian bila itu sudah turun sebagai perintah ber-SK .. saya prajurit .. apa katanya kumendan mo ditaro dimana ..

Beberapa orang kader yang agak2 tua sepertinya sudah mengerti dan menyebutkan beberapa hal yang rasional .. yang muda2 ada yang manggut2 ada yang masih ngengkel .. padahal waktunya makin bergerak ke jadwal saya harus sudah standby di pos jaga ..
Akhirnya merekapun bubar .. 🙂

Leave a Reply

