Bertugas di Bromo

Standard

Gunung Bromo, Piket Siaga Bencana, Puskesmas Krejengan

Setelah beberapa hari kebagian jadi pemantau, akhirnya tiba juga giliran bertugas di daerah bencana Gunung Bromo. Sebelumnya seluruh Puskesmas di Kabupaten Probolinggo memang disiagakan. Jadi ngga aneh kami juga kebagian bertugas meskipun berada di sudut yang berseberangan, Krejengan ada di Timur dan Gunung Bromo ada di wilayah Barat agak ke Selatan dari wilayah kabupaten.

Selama memantau saya menyempatkan biikin blog dengan nama Jalin Bromo yang bertajuk sama dengan Twitter-nya. Saya update berita-berita tentang Bromo, baik aktivitas gunung, maupun foto-foto lama yang saya comot dari sana dan sini.Computer

Yakk .. Berangkat !!

Kami berangkat dari Krejengan masih cukup pagi dan menyempatkan berfoto-foto dulu sebelum berangkat. Syapa tahu ngga mbalik ..
Crying face

IMG-20101206-00028

Rompi yang digunakan adalah rompi siaga bencana. Kami memang dilatih menjadi tim siaga bencana sebanyak 4 orang. Dan juga sekarang standar pelatihan PPGD memasukkan materi PPGD-B (Bencana). Akhirnya ada juga waktu untuk mengaplikasikannya, maksudnya pake seragamnya. Open-mouthed smile kalo bertugasnya sih belum tentu. Lihat nanti masalah di atas.

Kami bertugas di Pustu Wonotoro, biasanya setiap ada Upacara Nyadnya Kasadha, pustu ini juga digunakan sebagai basecamp petugas kesehatan. Ngga nyangka aja sekarang kepentingannya berbeda. Meski begitu pustu Wonotoro masih sama dengan waktu saya bertugas dulu. Dua kali bertugas Kasadha, saya kebagian jaga di pustu ini dan di Puskesmas Sukapura.

Gunung Bromo, Piket Siaga Bencana, Puskesmas Krejengan

Pustu ini memang diperuntukkan untuk petugas kesehatan yang menginap bila sedang berkunjung ke Bromo. Jadi perawat di pustu ini sudah terbiasa. Pada saat kami masuk, pak perawatnya sedang melayani penduduk di sekitar pustu tersebut, saya sempat berbincang-bincang dan melihat persediaan obat-obatan. ISPA dan Asthma agak meningkat dan gatal-gatal kulit juga banyak.

Habis chit-chat secukupnya, saya ngajak perawat-perawat saya naik ke Cemoro Lawang. “Pamitan sama si Mbah dulu ..”  Open-mouthed smile

Gunung Bromo, Tugas Piket Bencana, Siaga Bencana

Di Cemoro Lawang, kami ketemu dengan tentara dan polisi yang berjaga, dan masih banyak lagi organisasi-organisasi yang emang sudah kerjaannya semacam ORARI, PMI. Dan juga badan resmi pemerintah dalam penanggulangan bencana. Baik setingkat propinsi maupun yang dari pusat. Banyak orang. Tapi ngga ada turis. Setelah foto-foto secukupnya, kamipun kembali ke ‘markas’.

Balik dari dingin-dingin di Cemoro Lawang jadi pengen makan, apalagi emang waktunya pas makan siang. Nyebrang di depan pustu memang ada warung murah meriah. Menunya pun yang siap saji, seperti rawon, soto, indomie. Ngopi dulu deeee .. Coffee cup

Gunung Bromo, Piket Siaga Bencana, Puskesmas Krejengan

Kami ngobrol ngalor ngidul di Tempat Peristirahatan. Dan makin lama udaranya makin dingin. Apalagi kabut turun langsung dari bukit di depan pustu .. bbbrrrrr …Freezing ..

Puskesmas Krejengan, Gunung Bromo, Piket Siaga Bencana

Menjelang maghrib turun hujan ..Storm cloud wuih lengkap sudah .. siap-siap tidur dengan pakaian lengkap dan selimut doble. Eh .. ada sms dari Sekretaris Dinas Kesehatan. Mobile phone .. bunyinya gini ..

Jam 17.15 Status Bromo resmi diturunkan menjadi SIAGA. Silahkan membubarkan diri. Penanggulangan Bencana akan dikoordinasikan lebih lanjut. Tunggu kabar.

Wheeww pantesan banyak yang pada turun, bapak-bapak tentara yang tadinya berjaga di cemoro lawang. Ternyata bubar barisah tho’ ..  Jam 20.00 setelah memastikan kebenaran berita akhirnya kita cabut juga .. ngga jadi tidur di dingin-dingin .. enakan di rumah sendiri bagaimana juga .. yang tenang ya Mbah Bromo Angel jangan ngamuk ..

dragus

Advertisements

One thought on “Bertugas di Bromo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s