Langsing dengan Dedaunan

Standard

KOMPAS.com — Sudah gonta-ganti metode pelangsingan, tapi tak kunjung kelihatan hasilnya? Coba resep-resep turun-temurun yang digunakan para putri keraton ini. Lebih alami, sehat, dan aman, lho.
1. Daun jati belanda
Umumnya jamu galian singset yang telah dikenal di Indonesia mengandung unsur daun ini. Menurut para ahli, daunnya mengandung alkaloids, damar, dan zat samak. Nah, bagian dari daun jati belanda inilah yang banyak dipakai untuk mengurangi pembentukan lemak, menguruskan, dan merampingkan tubuh.
Resep: Ambil dua pucuk lembar daunnya, cuci bersih dan dipotong-potong kecil. Lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas air. Setelah dingin, air tersebut disaring lalu diminum 2-3 kali sehari. Agar rasanya lebih enak, boleh ditambah dengan gula secukupnya.
2. Daun salam
Selain untuk memasak, daun salam mengandung flavonoid dan tanin yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, antara lain kolesterol tinggi, asam urat tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, maag, dan diare.
Resep: Pilih 5 atau 7 helai daun salam yang masih segar. Setelah dicuci bersih, masak dengan air secukupnya sampai mendidih. Kemudian disaring, setelah dingin, minum sebelum makan siang dan makan malam.
3. Daun kemuning
Khasiat kemuning sebagai obat untuk mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Di samping itu, daunnya berguna mengatasi masalah kelebihan lemak pada tubuh.
Resep: Ambil segenggam penuh daun kemuning ditambahkan segenggam penuh daun mengkudu (Morido citrifolia) dan setengah jari kelingking temugiring (Curcuma heyneano). Semua bahan ditumbuk sampai halus, sambil ditambahkan satu cangkir air, lalu peras, dan diminum pagi hari sebelum sarapan.
4. Teh hijau
Daun teh hijau yang dipakai sebagai bahan minuman juga sudah lama dikenal sebagai salah satu pembakar lemak dalam pengobatan tradisional. Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.
Resep: Seduh teh hijau dengan air panas, dinginkan, dan minum. Sebaiknya diminum sebelum menyantap makanan. Teh hijau akan membantu menahan asupan lemak. Atau, bisa juga minum teh hijau sebelum Anda latihan olahraga, ini pun membantu membongkar lemak di bawah kulit lebih cepat.

(Aryani Indrastati/Majalah Chic)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s