Makan Sedikit tapi Sering Bikin Langsing?

Standard

KOMPAS.com ā€” Belakangan ini muncul pemahaman baru mengenai pola makan yang tepat untuk mengurangi berat badan. Alih-alih melarang orang untuk makan, para ahli justru menganjurkan kita untuk makan lebih sering tetapi dalam porsi kecil.
Pola makan yang disarankan adalah membagi total kebutuhan kalori harian ke dalam enam kali waktu makan. Cara ini diyakini akan mempercepat metabolisme sehingga jumlah kalori yang dibakar juga lebih banyak. Beberapa studi yang membandingkan dua kelompok, yakni obyek yang makan tiga kali sehari tetapi dengan porsi besar dan obyek yang makan sedikit tetapi sering, memang menunjukkan hasil yang lumayan.
Kendati begitu, jangan terburu-buru mengubah pola makan Anda. Pasalnya, beberapa penelitian lain menunjukkan, sebenarnya tidak ada bedanya jika Anda makan tiga kali atau enam kali dalam sehari bila total asupan kalorinya tetap sama.
Dalam studi yang dipublikasikan dalam The British Journal of Nutrition tahun 2009, para peneliti melibatkan sekelompok responden pria dan wanita yang secara acak diminta melakukan diet rendah kalori yang diawasi secara ketat selama enam minggu. Tiap partisipan mengonsumsi kalori dalam jumlah sama setiap hari, tetapi ada yang makan tiga kali sehari dan ada yang enam kali sehari.
Hasilnya, penurunan bobot tubuh pada partisipan dari dua kelompok itu hampir sama. Atau dengan kata lain, tidak ada perbedaan jumlah lemak yang berkurang atau pengurangan nafsu makan dari kelompok yang makan tiga kali atau enam kali. Penelitian lain justru membuktikan bahwa cara paling efektif memangkas berat badan adalah dengan berolahraga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s