Metode Memulai Slow Eating

Standard

KOMPAS.com – Untuk memulai metode slow eating, beberapa cara berikut akan membantu Anda:
1. Ambil porsi kecil
Mulai dengan mengambil porsi yang kecil, agar Anda tidak merasa banyak sisa makanan yang harus segera dihabiskan. Menggunakan piring ukuran kecil akan sangat membantu, karena dengan piring yang terisi penuh akan membuat Anda percaya bahwa Anda menyantap dalam porsi besar.
2. Berikan jeda
Berhenti sebentar di antara tiap suapan. Taruh sendok dan garpu Anda sementara mengunyah agar tidak terpacu untuk segera menyuap lagi.
3. Kunyah selama mungkin
Anda ingat anjuran untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali? Lakukan anjuran tersebut, selain akan memudahkan tubuh mencerna makanan, juga memperlambat kecepatan makan Anda. Agar tidak bosan, rasakan tekstur, rasa, dan kenikmatan yang ada dalam makanan Anda.
4. Selingi dengan minum
Air membantu tenggorokan dalam menelan makanan. Selaini tu, makan yang cukup diselingi dengan minum juga membantu Anda untuk merasa cepat kenyang.
5. Lakukan percakapan
Mengobrol ketika makan, juga dapat memperlambat waktu makan Anda. Namun, jangan berbicara ketika mengunyah agar tidak tersedak. Pastikan mulut telah kosong ketika bercakap-cakap.
6. Hindari makan di depan televisi
Makan sambil menonton televisi akan membuat Anda tak sadar, seberapa banyak porsi yang telah Anda santap. Sebaiknya makan dengan kedasaran penuh dan ingat apa saja yang telah Anda suap ke dalam mulut.
7. Hindari makan sambil berjalan atau berbelanja
Hal ini akan membuat Anda makan secara terburu-buru dan ingin segera menyelesaikan proses makan Anda untuk melakukan kegiatan lain. Usahakan untuk mencari tempat duduk sebelum menyantap makanan. Lagipula, kebiasaan ini dapat membuat Anda tak sara, apa saja yang telah Anda makan.
8. Berikan jarak dengan komputer atau kertas kerja.
Sediakan wilayah kecil di meja atau ruang kerja Anda untuk makan. Jauhi dari pekerjaan, seperti komputer atau kertas kerja, agar Anda tak merasa harus terburu-buru menyelesaikan makan siang dan kembali bekerja.
(Primanila Serny/Majalah Chic)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s