Sukses Diet di Akhir Pekan

Standard

KOMPAS.com — Apa pun rencana Anda di akhir minggu, nikmatilah. Namun, jangan sampai Anda kehilangan kebahagiaan karena bobot tubuh Anda naik setelah akhir pekan. Tidak mudah memang tetap disiplin menjaga pola makan pada hari Sabtu dan Minggu. Hal itu terasa lebih karena begitu banyak undangan makan yang menyajikan menu-menu yang tidak bersahabat dengan lingkar pinggang.
Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Quinnipiac University di Amerika  menunjukkan, liburan mampu merusak diet yang sudah dilakukan selama berminggu-minggu hanya karena mereka yang sedang berdiet cenderung tidak bisa mengendalikan makanannya. Tapi tenang, ada trik agar Anda tidak kebablasan makan di akhir pekan.
* Home sweet home
Rencana akhir pekan di rumah? Berhati-hatilah karena godaan menikmati camilan di rumah cukup tinggi. Ketika Anda bermalas-malasan sambil menonton film yang baru dibeli, Anda bisa menghabiskan satu bungkus besar keripik kentang dan kacang goreng dalam sekejap. Hasilnya, kalori yang masuk tak seimbang dengan pembakarannya. Bobot Anda pun naik secara perlahan tapi pasti. Mulailah ubah kebiasaan ini dan nikmati hasilnya.
Do’s: Makanlah pada jamnya. Makan teratur bisa membuat perut Anda kenyang dan mengurangi keinginan untuk menikmati camilan. Jika tak kuat untuk tidak mengunyah, sepotong apel atau tiga genggam popcorn bisa menjadi pengganti keripik kentang. Ada baiknya jika setengah porsi nasi pada menu makan siang dan malam diganti dengan sayuran dan buah. Lakukanlah kegiatan seperti bermaingame, chatting, atau membaca buku karena bisa mengalihkan perhatian Anda terhadap makanan. Lebih seru lagi jika Anda memutuskan untuk membersihkan rumah dan kamar. Selain bersih, tak terasa Anda telah sukses berolahraga saat liburan.
* Ngopi di kafe
Menyenangkan memang jika bisa menenangkan pikiran di akhir minggu dengan segelas kopi favorit sambil membaca buku, mengobrol, atau browsing di kafe langganan. Tapi hati-hati karena obrolan ringan bersama seorang teman selama beberapa jam ternyata mampu menghabiskan satu gelascaramel frapuccino, sepotong tiramisu, dan satu porsi kue cokelat yang lezat.
Do’s: Jika memungkinkan, mintalah pelayan untuk mengganti gula pasir dengan gula rendah kalori untuk minuman Anda. Pilihlah minuman yang tidak mengandung whipped cream. Jika ada, maka pilih kue yang terbuat dari sayuran. Usahakan untuk tidak memilih makanan yang manis jika minuman sudah manis. Terakhir, jangan lupakan air putih. Sebotol air putih dapat mengurangi keinginan Anda untuk makan lebih banyak kue.
* Jalan-jalan di mal
Mal memang menjadi pilihat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Selain banyak yang bisa dilihat, tempat ini juga menyediakan banyak tempat makan dan ngobrol yang asyik. Biasanya, restoran cepat saji kerap menjadi pilihan. Anda pun bisa terbawa suasana untuk mencicip ini dan itu. Waduh!
Do’s: Jika mengunjungi restoran burger, pilihlan menu yang terdiri atas ayam dan sayuran. Pilih antara mayones atau keju sebagai pelengkap, jangan keduanya. Untuk piza, tak ada salahnya mencoba menu yang banyak mengandung sayuran dibanding daging. Jika masih ingin mencicipi es krim, maka cobalahfrozen yogurt yang tak kalah lezat tetapi juga sehat. Setelah makan, berkelilinglah selama 1 jam sambil melihat-lihat toko favorit. Selain ampuh membakar kalori, siapa tahu Anda menemukan tas lucu yang sedang didiskon.
* Pesta kerabat
Godaan untuk icip-icip makanan pesta yang jarang Anda temui merupakan tantangan terberat di akhir pekan. Ada cara jitu agar diet Anda tak rusak, yaitu jangan berlebihan!
Do’s: Jika Anda tertarik untuk mencoba setiap makanan utama, ambillah sebanyak satu sendok makan untuk setiap menu, begitu juga dengan nasinya. Bila ingin menikmati kue yang sangat menggiurkan, ajak teman untuk berbagi. Gantilah minuman manis atau coke dengan air putih. Pakailah gaun yang seukuran tubuh sehingga Anda bisa merasakan perut Anda membesar saat sudah terlalu banyak makan. Dijamin, Anda pun akan berhenti.
* Out of town
Mencoba berbagai makanan khas merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan saat berkunjung ke luar kota. Dengan langkah tepat, semua makanan bisa dicoba tanpa merusak diet Anda.
Do’s: Jika ingin berwisata kuliner, usahakan Anda memiliki teman. Pilihlah menu-menu yang Anda inginkan, berbagilah dengan rekan. Dengan cara ini, walau banyak makanan yang Anda coba, porsi tetap terjaga. Jika sendiri, maka mintalah setengah porsi dari biasanya. Jangan lupa untuk mengimbangi wisata kuliner dengan jalan-jalan santai sambil menikmati kota baru. Jika ada penyewaan sepeda, maka tak ada salahnya Anda berkeliling menaiki sepeda.
(Ayunda Pininta Kasih/Majalah Chic)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s