Ekologi dan Kesehatan

Standard

Cermin Dunia Kedokteran 11

Kemajuan teknologi dalam berbagai bidang yang merupakan tulang punggung industri moderen dan telah berhasil menaikkan tingkat kemakmuran negara serta taraf hidup penduduknya, kini ternyata juga membawa efek samping yang tidak diingini, yaitu pencemaran lingkungan bidup. Beberapa waktu yang lalu dunia telah dikejutkan oleh peristiwa-peristiwa seperti : •

  • Pencemaran air laut di pantai Inggeris oleh minyak yang berasal dari kapal pengangkut minyak yang kandas sehingga kesegaran dan keindahan pantai hilang serta me nyebabkan kematian burung-burung yang hidup disekitarnya.
  • Kematian atau cacat fisik/mental penduduk kota Minamata di Jepang oleh methyl mercury yang rnerupakan hasil pembuangan industri. •
  • Terserangnya penduduk sebuah kota di Italia oleh sejenis penyakit kulit yang aneh, yang ternyata disebabkan oleh pencemaran udara dengan sejenis zat kimia, yang berasal dari sebuah pabrik, . sehingga seluruh penduduk kota tersebut harus diungsikan.

Belum terhitung jumlah korban di kota-kota industri yang jatuh sakit atau meninggal akibat penyakit paru kronik akibat pencemaran udara oleh asap pabrikpabrik. Negara-negara, seperti Indonesia, yang membutuhkan mekanisasi dan industrialisasi agar tujuan pembangunan nasionalnya lebih cepat tercapai, harus menyadari akan bahaya latent ini dan menarik pelajaran dari pengalaman lain-lain negara. Untuk ini harus dibuat peraturan-peraturan dan diambil langkah-langkah seperlunya guna melindungi lingkungan dan kelestarian hidup semua makhluk dan tumbuhan yang terdapat di tanah air kita agar segala keindahan alamnya dapat kita nikmati seterusnya. Dalam nomor ini telah dimuat naskah-naskah yang menyangkut bidang ekologi dengan maksud membangkitkan kesadaran kita semua akan bahaya berbagai jenis pencemaran yang terdapat di sekitar kita ini.

Sila mengunduh melalui link ini

dragus.cn, other pieces of mine

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s