Multitasking pada saat batuk menyerang ..

Standard

Hari ini kegiatan saya cukup padat, mulai memimpin morning report dengan pelaksana program (upaya kesehatan masyarakat), kemudian membuka pelatihan kader untuk pekan penimbangan yang gebyarnya akan diadakan pada 13-18 Pebruari ini, kemudian memantau pelaksanaan Manajemen Keuangan. Hal-hal seperti pembuatan SPJ, menandatangani dokumen-dokumen klaim dll. Celakanya saya harus menderita tertular anak-anak saya yang sudah beberapa hari ini ngga masuk sekolah karena sakit. Mas Ihsan karena typhoid febris, Mira dan Nisa tonsilnya kumat dan batuk-batuk.

MORNING REPORT

Mula-mula diisi dengan menyampaikan sasaran yang diharapkan dinas kesehatan. Ada beberapa penekanan untuk kegiatan di tahun 2012. Kemudian dilanjutkan dengan membahas POA bulan Pebruari 2012. Kegiatan peng-SPJan bulan Januari lumayan gampang karena kami rupakan dalam bentuk pengadaan ATK ataupun Alat/Bahan Habis Pakai. Sehingga lebih mudah. Nah pada bulan Pebruari ini sudah mulai ada yang bentuknya kegiatan.

  1. Operasional Posyandu dan Operasi Timbang khusus untuk melaksanakan kegiatan Pekan Timbang.
  2. Survey Kontak Kusta untuk 3 fokus
  3. Pemeriksaan Garam Anak Sekolah 17 SD.
  4. Manajemen Puskesmas (miniloka dan konsultasi ke Dinas Kesehatan).

Persiapan kegiatan-kegiatan sepertinya berjalan lancar semua.

PELATIHAN KADER

Bertemu dengan 34 kader (17 desa x 2 org). Menyampaikan dasar-dasar kegiatan Pekan Timbang. Agak ringan kalo menyampaikan ke kader. Saya hanya menekankan untuk :

  • Jangan berlebihan, yang diminta hanya penimbangan, bukan pengukuran tinggi badan.
  • Cari data tanggal lahir yang benar untuk total balita. Jangan cuma diisi … bulan.

P2KPUS

Seandainya penilaian itu sama untuk beberapa tahun saja, tentu akan lebih mudah. Kenyataannya adalah hampir tiap tahun kriteria yang dinilai ada yang dirubah, sehingga format laporannya pun mengalami perubahan. Bagian saya kali ini cuma dokumen perencanaan dan laporan tahunan. Tapi tentu saja tetap pemeriksaan pelaksanaan semua kegiatan P2KPUS tetap menjadi tanggungjawab saya.

Diakhir hari ini saya habiskan untuk mendisposisi surat-surat. Ada beberapa permintaan laporan baru. Ada juga yang sudah terlanjur dilaksanakan. Juga beberapa yang masih belum dilaksanakan pembuatan laporannya : Laporan Penyerapan Dana BOK dll. Dan hutang laporan tahun lalu untuk kegiatan Perkesmas yang masih belum divalidasi.

Demikian hari ini. Multitasking day. Adzan Ashar berkumandang. Mari kita pulang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s