2 hari sakit, 2 kerjaan berat, 2 ide pemasaran

Standard

2 hari

Cerita sakit dulu .. Entah kenapa kok mendadak pagi selasa kemaren leher tiba-tiba nyeri banget. Standar badan rada-rada mulai ngga enak. Memang sejak kunjungan Ketum K3S juga sudah mulai ngga enak badan. Jadilah maksud hati hari selasa kemaren itu kerja di rumah saja. Daripada maksa padahal hari kamisnya ada acara yang bersamaan. Acara tidur panjang sudah disusun dengan manisnya. Istri yang juga sedang tidak enak badanpun ikutan minta libur hari itu. Eh mendadak di RSUD tempat istri saya bekerja ada hal yang harus diselesaikannya. Acara istirahat terpaksa diubah menjadi acara berobat ke RS. Kebetulan sudah lama ngga kontrol ke Dr. SpParu saya, Dr. Supriyadi. Dasar ngga pengen rugi karena jauh jalan, hari itu sekalian buat ngambil obat dan cairan dari gudang obat farmasi serta mengobati blackberry yang juga sakit bahkan sudah sejak 1 minggu ini. Hari ini, 15.02.2012, sakit ditenggorokannya makin nyeri. Ini tampaknya pas radangnya. Lagi-lagi acara istirahat terpaksa dibatalkan, ada saja masalah staf yang membutuhkan penanganan langsung. Dan entah karena sakit atau karena memang tata krama organisasi terlalu diabaikan saya jadi agak sewot tadi itu.

2 kerjaan

Besok, 16.02, ada 2 acara yang sedianya melibatkan Puskesmas Krejengan dengan lebih intens. Pertama,  Program Kesehatan Indera. Besok ini adalah waktunya pelaksanaan operasi Katarak yang diadakan oleh Dinas Kesehatan bekerja sama dengan BKMM. Sebenernya di kami jadi lebih ringan, karena pasien yang direncanakan 40 orang dipapas dinas karena keterbatasan waktu operasi. Apalagi yang diikutkan adalah pasien yang non quota miskin. Jadi pasien jamkesmas-nya disimpan untuk dioperasi di RSUD saja. Besok pembagian tenaganya terpaksa harus mulai dari pagi. Yang mengawal ke Puskesmas Paiton tempat dilaksanakannya operasi terpaksa bukan petugas Kesus – Yayuk Indah. Tapi digantikan dengan perawat2 UGD. Karena besok Yayuk harus memperlihatkan hasil kerjanya kepada tim P2KPUS.

Kedua, besok P2KPUS. Besok itu ujian. Hasil langsung dikomentari besok juga. Jadi ya pasti kita pengennya yang terbaik yang bisa kita tampilkan. Meski begitu saya biasanya dalam kondisi fit. Baru sekali ini waktu ada P2KPUS kok malah sakit, pake acara dadakan lagi. Apapun yang terjadi besok tetap tanggungjawab saya karena lalai menjaga diri. Padahal Februari kan memang bulannya P2KPUS. Mungkin karena masih berharap dapatnya giliran terakhir. Hehe. Saya update besok.

2 Ide

  1. Memperbaiki Kinerja Kantin. Idenya muncul justru karena ingin menyelesaikan masalah yang sedikitnya mengganggu saya tiap hari. Kantin – sebagaimana di mana-mana – jadi tempat nongkrong. Mula-mulanya sih dari petugas yang baru saja selesai bertugas malam. Kebiasaan ini merembet jadi petugas-petugas yang harusnya ngantor malah tidak lagi tinggal di tempat duduknya di kantor. Malah pada di Kantin ngobrol, memang karena di Puskesmas menggunakan wifi, jadi akses ke dokumen induk di server TU masih bisa dilaksanakan. Saya mendukung suasana kerja santai yang bisa membuahkan hasil kreativitas. Tapi saya juga terganggu kalau untuk mencari petugas terpaksa harus pergi ke kantin. Baik sekarang idenya. Tutup akses dari jalan masuk yang berupa pintu rolling door selebar 2 M. Ini yang sering digunakan petugas untuk duduk2. Sebaliknya di dalam kantin diperbaiki menjadi dapur yang baik untuk penyediaan makanan pasien. Ini meliputi pengadaan meja dan lemari makanan. Mungkin kenyamanan petugas kantin juga. Sekarang masalah dagangan. Bagaimanapun juga selain melayani makan pasien, kantin juga memberikan pelayanan kepada petugas maupun penunggu pasien. Saya belum evaluasi apakah itu cukup menguntungkan. Kalau iya, atau dirasa sangat mengganggu kenyamanan petugas dengan tidak adanya kantin, mungkin kami bisa menyisakan taman menjadi cuma separonya, dan yang paling berdekatan dengan r.tunggu bisa dipaving dan didirikan semacam payung. Berguna untuk r.tunggu cadangan bagi pasien gigi. Atau jadi tempat memesan makanan dari kantin untuk penunggu dan petugas.
  2. Memasarkan Laboratorium dengan Pemeriksaan Gratis. Ide ini sebenernya karena melihat peluang jualan juga. Bagi yang belum tahu, ‘jualannya’ unit kesehatan seperti RS, atau Klinik adalah Obat, Lab dan Pemeriksaan Khusus (Radiologi, USG, EKG dll). Ini ilmu. Catet. Jasa itu lewat gitu aja. Itu jatah petugas. Dan biasanya itu aja kurang. Kalau pengen punya dana sampingan untuk berkreasi dari sisi itu. Dan masih sah dan halal.
    Saya komitmen tahun ini adalah pengembangan pelayanan terutama Lab. Karena itu saya cukup banyak meminta alat dari DInkes. Saya juga memberanikan diri KSO dengan teman dari distributor alkes. Ya mungkin karena pertemanan maka dia mau ikutan memberikan kontribusi pengembangan lab ini. Alat sudah datang. Yang kami perlukan promosi. Dan ternyata saya punya sarana sederhana yang bisa digunakan untuk promosi yaitu stik Hb, kami punya ribuan yang belum terpakai. Dan ini memang bisa digunakan program terkait pemeriksaan Hb, pencegahan anemia gizi.
    Saya saat ini mulai memikirkan untuk mengadakan semacam bulan pencegahan anemia. Bulan Maret depan sudah lepas dari kegiatan Pekan Timbang. Dan kami bisa promosi habis2an selama sebulan misalnya. 100-150 orang sehari sepertinya gampang dibawa dari desa. Diambil darahnya dan diperiksakan. Yang bisa kami klaim, kami klaim. Yang ngga bisa, memang pada dasarnya itu adalah kegiatan program jadi ini harus dilaksanakan.

Sesudah acara besok saya akan mempertajam 2 ide ini untuk dijadikan hadiah pemikiran entrepreneurship kami yang terakhir – pada saat pendampingan dengan tim FKM Unair. Semoga terwujud.

[draguscn]

Advertisements

2 thoughts on “2 hari sakit, 2 kerjaan berat, 2 ide pemasaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s